Jenis-jenis Kata Kunci pada Blog

Jenis-jenis Kata Kunci pada Blog
Jenis-jenis Kata Kunci pada Blog

Jenis-jenis Kata Kunci pada Blog - Ringkasnya, kata kunci atau keyword adalah tentang tulisan apa yang Anda bahas. Untuk membuat artikel, pertama-tama kita harus pandai-pandai menentukan kata kunci ini, karena akan berpengaruh pada peringkat blog dalam persaingan search engine.

Sekedar tips saja, usahakan Anda membuat artikel yang kata kuncinya Anda kuasai, agar nantinya dalam pengisian artikel, Anda akan lebih mudah, lebih banyak ide, dan pastinya tulisan akan terasa lebih mengalir dan mendalam. Hal tersebut karena apa yang Anda tulis, Anda tahu pasti.

Beda dengan yang tidak menguasai suatu topik, paling mereka hanya menulis garis besar saja, atau secara umum dan tidak terlalu mendalam.

Nah, pada bahasan kali ini penulis akan membahas tentang jenis-jenis kata kunci pada blog yang perlu Anda ketahui, tujuannya agar Anda bisa tahu tentang kata kunci seperti apa yang ingin Anda tulis. Berikut adalah beberapa jenisnya:

jenis kata kunci pada blog

Kata Kunci Abadi

Kata kunci abadi adalah jenis kata kunci yang evergreen alias tak lekang oleh waktu, seperti lagunya Kerispatih. Kata kunci jenis ini sangat ketat tingkat persaingannya, namun pencarinya juga banyak. Seperti contohnya kata kunci "cara menghilangkan jerawat," orang-orang dari dulu hingga sekarang akan menulis kata kunci yang sama, dan jawabannya pun relatif sedikit perubahan.

Dengan kata kunci yang tak berganti, tetapi artikelnya makin hari makin banyak, tentu hal tersebut yang membuat kata kunci abadi sangat tinggi tingkat persaingannya. Berita baiknya, kalau Anda berhasil menduduki peringkat pertama, siap-siaplah blog Anda akan kebanjiran pengunjung, karena memang pencarinya cukup banyak dan relatif stabil grafiknya.

Kata Kunci Musiman

Contoh umum dari kata kunci musiman adalah artikel berita, viral dan hasil pertandingan. Keyword jenis ini hanya tinggi pencariannya pada saat tertentu saja, dilain waktu, pencariannya akan berkurang tajam.

Jika Anda ingin membidik keyoword jenis ini, Anda harus benar-benar rajin update artikel. Karena artikel Anda paling hanya bisa ramai di minggu-minggu awal saja, setelah beritanya tak aktual lagi, pencari pun akan merosot dan artikel Anda tiada yang mencari lagi.

Short Tail Keyword

Short tail keyword adalah kata kunci pendek yang hanya berisi maksimal dau kata saja. Contohnya:

  • Cara Bernyanyi
  • Game Android
  • Smartphone
  • Dll

Kata kunci pendek ini cukup banyak pencarinya, namun sama seperti keyword abadi, kata kunci jenis ini sangat padat tingkat persaingannya. Untuk Anda yang memiliki blog baru, sebaiknya jangan mengincar jenis short tail keyword ini.

Long Tail Keyword

Long Tail Keyword adalah kebalikan dari Short Tail Keyword, dimana jenis kata kunci ini lebih panjang, mungkin bisa 3 sampai 4 kata bahkan lebih.

Agar masuk halaman pertama, Anda bisa mengakali dengan menulis artikel yang menggunakan kata kunci panjang ini. Selain tidak terlalu banyak yang membidik kata kunci panjang ini, pencarinya pun sebenarnya tak terlalu sedikit juga, jadi cocok sekali untuk blog baru yang ingin dapat visitor. Baca juga: Memanfaatkan Media Sosial untuk Mendapatkan Traffic.

Contoh long tail keyword seperti:

  • Cara Bernyanyi Dengan Benar
  • Game Android Terbaik 2019
  • Smartphone Terbaik 2019
  • Dll.

Untuk bisa mengetahui berapa besar volume pencarian kata kunci dan bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa baca tools gratis untuk riset keyword.

OK, mungkin itu saja yang bisa penulis bagikan kali ini tentang jenis-jenis kata kunci pada blog. Semoga setelah membaca ulasan singkat ini, Anda bisa menentukan pilihan terbaik untuk menulis artikel yang SEO Friendly alias disukai mesin pencari. Semoga bermanfaat!

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar