5 Aplikasi Wajib untuk yang Blogging Lewat HP

5 Aplikasi Wajib untuk yang Blogging Lewat HP
5 Aplikasi Wajib untuk yang Blogging Lewat HP

Untuk yang suka blogging lewat HP kebetulan sekali, kali ini Pecinta.xyz akan menulis tentang bagaimana cara melakukan aktivitas ini dengan smartphone-nya, apa saja aplikasi yang harus di install serta penjelasannya. Yuk, simak terus!

5 Aplikasi Wajib untuk yang Blogging Lewat HP

Blogging adalah kegiatan yang menyenangkan dan kalau ditekuni dengan serius itu bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Banyak sudah contoh orang yang sukses dari kegiatan ini. Walaupun sebenarnya untuk mencapai tangga kesuksesan itu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, tetapi paling tidak kita bisa membangunnya sedikit demi sedikit.

Ada beberapa cara untuk orang bisa blogging, seperti melalui PC, laptop, lewat HP atau smartphone. Apapun platform Anda dalam blogging, kunci kesuksesannya hanya sabar dan terus konsisten menulis sesuatu yang bermanfaat.

Kalau Anda memang suka blogging dengan HP, berikut adalah beberapa aplikasi yang wajib Anda instal, diantaranya:

1. Browser

Sudah pasti Anda memerlukan browser untuk membuka Blogger. Sebenarnya ada juga aplikasi Blogger, cuma entah kenapa penulis sendiri lebih cenderung memilih untuk membuka platform ini lewat browser seperti di PC.

Selain itu, untuk mencari bahan materi dan lainnya pasti Anda membutuhkan browser ini. Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan, cuma yang paling nyaman menurut penulis adalah Google Chrome.

2. Notepad

Untuk menulis materi artikel, Anda bisa menulis secara langsung di blogspot atau membuat draftnya dulu di notepad. Itu sih terserah Anda, kembali ke kebiasaan masing-masing, namun Saya sendiri lebih suka menggunakan apikasi notepad, kemudian finishing untuk edit dan segala macam baru lewat browser.

Selain lebih ringkas, dengan menggunakan notepad Anda tak perlu khawatir untuk kena quota seperti browsing. Itulah enaknya menggunakan aplikasi ringkas ini, lagipula tidak membuat smartphone Anda menjadi lelet.

3. QuickEdit

Nah, selain beberapa aplikasi untuk blogging di atas, Anda juga butuh QuickEdit ini untuk mengubah atau memperbaiki kode html template Anda. Misalnya Anda ingin memasukkan kode iklan AdSense, kalau Anda browsing langsung di smartphone itu tidak bisa edit html di Blogger. Oleh karena itu Anda membutuhkan aplikasi simpel ini.

Kalau ingin edit template, sistemnya Anda perlu backup dulu, setelah itu baru Anda buka melalui aplikasi QuickEdit ini. Anda bisa edit sekarang di aplikasi ini sesuai keinginan. Setelah semuanya oke, Anda bisa save, kemudian tahapan akhir adalah import kembali ke Blogger. Agak ribet memang, cuma itulah caranya untuk edit template jika menggunakan smartphone.

Sedikit saran saja, sebaiknya Anda kalau ingin ubah-ubah kode html lewat PC saja, mungkin kalau Anda belum punya perangkatnya, Anda bisa ke warnet sebentar. Toh edit template ini tidak setiap waktu.

4. Google Analytics

Aplikasi yang satu ini diperlukan untuk memantau lalu lintas pengunjung website atau blog Anda. Tetapi sebelum bisa menggunakan fasilitas ini, Anda harus terlebih dahulu mengaitkan blog dengan akun Google Analytics. Anda bisa baca bagaimana cara memasang Google Analytics ini di Google, sudah banyak tutorial yang membahasnya.

5. Google AdSense

Aplikasi ini dibutuhkan jika blog Anda sudah menayangkan iklan AdSense, kalau belum berarti Anda belum membutuhkan aplikasi ringan ini.

Kita anggap saja Anda sudah mempunyai akun Google AdSense, keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah lebih ringan diakses melalui HP, daripada Anda harus bolak-balik login lewat browser, tidak efisien dan makan banyak quota. Kalau lewat aplikasi kan lebih simpel dan gak harus buka ini itu lagi.

Baca Juga: 3 Cara Cek DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)

Well, itulah beberapa aplikasi yang Blogger wajib install di smartphone kalau ingin ngeblognya lancar dan gampang. Semoga menambah wawasan Anda!

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar