Pertimbangkan 4 Hal Berikut Sebelum Membuat Blog

Pertimbangkan 4 Hal Berikut Sebelum Membuat Blog
Pertimbangkan 4 Hal Berikut Sebelum Membuat Blog

Membuat website adalah perkara yang tidak mudah. Tidak semua orang bisa untuk bikin sebuah website bagus. Namun, tak susah juga untuk bikin website yang mempunyai kualitas baik. Sepanjang konsisten, sungguh-sungguh dan kerja sekuat tenaga untuk membuatnya.

Pertimbangkan 4 Hal Berikut Sebelum Membuat Blog

Akhir-akhir ini, kesuksesan dari media blog ini sedikit kurang baik, itu karena sebagian besar visitor internet lebih suka menggunakan media visual, seperti Youtube dan lain-lain. Namun, tak berarti blog kekurangan visitor. Masih saja banyak visitor internet yang lebih senang membaca ketimbang melihat video. Salah satu sebabnya adalah kalau streaming video pastinya akan banyak makan kuota yang terpakai, pastinya itu bisa membuat kantong kita bolong.

Namun terjadi kendala di tengah jalan yang membuat orang malas untuk meneruskan blognya, yaitu sepinya pengunjung bak kuburan. Memang ini kendala yang dialami oleh banyak Blogger. Faktor penyebabnya sih banyak, seperti menulis artikel dengan persaingan kata kunci yang berat, sehingga susah untuk bersaing, apalagi kalau blog masih baru.

Tetapi sebenarnya seiring berjalannya waktu, blog Anda juga akan mempunyai visitor kok! Asalkan rutin untuk Update blognya. Kalau kehabisan ide menulis, Anda bisa baca: Tips Mendapatkan Ide Menulis Artikel untuk Blog.

Jika Anda belum sempat atau lagi pikir-pikir untuk membangun blog yang bagus, sebaiknya pertimbangkan dulu beberapa hal di bawah ini sebagai acuan atau gambaran sederhana:

1. Memilih Platform

Ada beberapa CMS tak berbayar seperti Blogger, Weebly, Joomla serta lainnya. Itu hak Anda untuk menentukan CMS apapun yang cocok serta gampang untuk Anda operasikan. Cuma, saran penulis gunakan saja platform Blogger, yang gampang dipahami untuk pemula dan total gratis!

2. Memilih Nama Domain

Misalkan Anda sudah menentukan pilihan CMS tak berbayar seperti Blogger, maka Anda akan mendapatkan subdomain blogspot.com. Jikalau Anda ingin tampil lebih profesional, maka selanjutnya Anda memerlukan Top Level Domain (TLD) yang Anda dapat sewa di berbagai penjual domaindengan harga bervariasi.

Contoh domain yang paling umum digunakan adalah .com serta .net. Harga sewa domain tersebut kurang lebih antara Rp.100.000 hingga Rp.150.000 biaya sewa per tahunnya.

Jangan asal-asalan menentukan nama domain, soalnya nama domain itu adalah merk Blog Anda, akan melekat terus selama blog Anda masih exist.

3. Memilih Niche

Niche pada Blog itu amat menentukan kelanjutan Blog Anda di masa yang akan datang. Carilah Niche Blog yang materinya Anda pahami dan mengerti secara mendalam, jadi dalam materi penulisan artikel nanti, Anda akan gampang untuk membuat kontennya. Lagipula, karena materinya Anda pahami betul, Anda akan bisa menulis secara leluasa dan membuat bahasannya semakin mendalam. Dimana para pembaca suka dengan materi yang bahasannya mendalam serta terlihat expert.

Beberapa pakar SEO juga menyarankan untuk membuat blog yang punya satu tema, walaupun sebenarnya Anda bisa juga membuat blog multi-niche (gado-gado), namun sebaiknya buatlah yang spesifik agar Anda mendapat pengunjung setia.

4. Update Artikel Secara Berkala

Yang satu ini adalah kegiatan paling susah dalam dunia per-bloggingan. Rasa malas selalu saja muncul, memang tak aneh sih, namanya juga manusia tak pernah luput dari kesalahan dan rasa malas. Tapi Anda harus punya semangat kuat untuk menjadi pemilik blog yang cemerlang. Cobalah ingat niat Anda saat pertama kali membangun blog ini, bahwasanya Anda blogging buat mencapai kesuksesan, bukan buat sekedar iseng semata. Sayang, waktu dan materi Anda sudah terbuang banyak tapi tak mendatangkan hasil.

Baca Juga: 5 Aplikasi Wajib untuk yang Blogging Lewat HP

Itulah beberapa hal yang wajib Anda pikirkan sebelum membuat Blog yang keren. Hal yang utama adalah kedisiplinan serta kerja keras. Happy Blogging!

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar