3 Cara Cek DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)

3 Cara Cek DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)
3 Cara Cek DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)

Semenjak Google menghilangkan perhitungan PageRank, kini para Blogger menggunakan sistem analisa DA atau singkatan dari Domain Authority dan PA atau Page Authority. Sistem metriks ini ditetapkan oleh Moz, sebuah web yang memang membahas spesifik persoalan SEO. Walaupun sebenarnya ini hanya metriks perhitungan saja, namun banyak yang menggunakan analisis ini sebagai tolak ukur besar atau kecilnya sebuah web / blog.

cara cek domain authority dan page authority
Domain Authority merujuk pada kekuatan nilai dari keseluruhan domain, sedangkan Page Authority hanya pada satu halaman saja. Jadi seumpama di satu halaman blog mempunyai DA 25 PA 15, maka dihalaman lain belum tentu Page Authority-nya sama, bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi, tetapi Domain Authority-nya tetap sama.

Besar atau kecilnya DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) ini ditentukan dari banyak hal, seperti jumlah backlink, usia blog, dan kualitas tautan balik itu sendiri. Semua hal tersebut saling berkaitan satu sama lain, sekaligus menentukan nilai authority blog yang bersangkutan.

Cara Cek DA PA sebuah Blog

Bagi yang penasaran ingin mengetahui berapa nilai Domain Authority dan Page Authority blog, ada beberapa cara untuk mengetahunya. Diantaranya sebagai berikut:

1. Cek di MOZ

Anda bisa langsung cek ke website resminya MOZ, tetapi sebelum itu Anda harus membuat akum MOZ terlebih dahulu. Tenang saja ini gratis, walaupun ada versi berbayarnya. Kalau yang gratis, Anda hanya bisa punya beberapa kesempatan saja untuk cek. Sedangkan yang versi premium atau berbayar, Anda bisa mengecek lebih banyak lagi, serta mendapat beberapa keuntungan lain.


2. Memasang MOZ toolbar

Selain langsung cek di situs resminya, Anda juga bisa menginstall MOZ bar yang khusus diciptakan sebagai add on browser yang bisa digunakan di berbagai platform, seperti Chrome, Mozilla dan lain sebagainya. Ini pun gratis, dengan catatan Anda harus terlebih dahulu terdaftar atau menjadi member MOZ terlebih dahulu. Tenang saja, cara daftarnya gampang, banyak tutorialnya yang sudah ditulis di Google.

3. Menggunakan pihak ke-3

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa cek DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) melalui situs pihak ketiga. Banyak website yang bisa cek nilai metriks website Anda, seperti Small SEO Tools, Sinium SEO atau Check MOZ. Tak usah diragukan lagi, hasilnya pasti sama, karena memang bersumber dari situs resmi MOZ. Dan satu lagi keunggulan cek dari beberapa pihak ketiga di atas adalah tak perlu susah payah jadi member. Tinggal ketik URL situs yang ingin dicek, maka hasilnya akan muncul.

Selain itu, keunggulan lainnya yang bisa didapat kalau cek melalui pihak ketiga adalah Anda bisa cek secara bulk, atau lebih dari satu situs, bisa 5 sampai 10 domain secara bersamaan. Hal ini tidak bisa dilakukan kalau Anda cek di situs resminya. Hasilnya pun sama akuratnya, kalau tidak percaya Anda bisa buktikan dengan cek satu per satu. Bandingkan hasil cek dari web resmi MOZ dan dari pihak ketiga tersebut.

Kesimpulan

Dari ketiga cara di atas, semuanya akan memberikan hasil yang sama akuratnya, tinggal bagaimana Anda sendiri yang menentukan mau pilih cara yang mana. Dengan kata lain bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau Anda ingin praktis dan tak mau ribet, saran Saya instal saja MOZBar, karena tiap kali Anda membuka suatu web, MOZBar akan memberikan hasilnya tanpa perlu kita minta. Tetapi seperti pada add ons lainnya, itu akan membuat berat browser Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek DA PA sebuah website atau blog. Semoga bisa menambah wawasan Anda!

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar