Tips Agar Diterima Sepenuhnya oleh Google AdSense

Tips Agar Diterima Sepenuhnya oleh Google AdSense
Tips Agar Diterima Sepenuhnya oleh Google AdSense

Untuk bergabung bersama perusahaan periklanan besar seperti Google AdSense itu adalah hal yang tidak mudah.  Sebelum bisa bergabung, blog kita akan diseleksi terlebih dahulu atau direview dengan jangka waktu seharian bahkan lebih. Dengan tergabung bersama perusahaan periklanan ini, rasanya sebagai blogger kita sangat bangga sekali.

Tips Agar Diterima Sepenuhnya oleh Google AdSense

Sebagai seorang Blogger yang ingin sukses, salah satu goalnya adalah bisa diterima oleh Google AdSense. Oleh karena itu para Blogger menggunakan berbagai cara serta membaca tutorial ini itu agar bisa di approve sepenuhnya.

Sepertinya terlihat sulit ya? Tapi sebenarnya untuk diterima Google AdSense ini sederhana kok, tidak serumit dan sesulit yang kita bayangkan. Penasaran bagaimana cara agar disetujui sepenuhnya oleh AdSense? Berikut beberapa tipsnya:

1. Buat Halaman Dasar

Halaman dasar ini seperti privacy policy, disclaimer, kontak dan about. Sebenarnya itu saja sudah cukup mewakili kelengkapan situs Anda agar terlihat profesional. Namun kalau ingin lebih lengkap, Anda bisa tambahkan laman daftar isi atau sitemap dan terms of service biar lebih sempurna lagi.

Kalau Anda tidak mengerti untuk membuat semua halaman di atas, Anda bisa menuju website privacy policy generator. Anda bisa searching sendiri di Google. Penggunaannya mudah serta sudah layak untuk disebut privacy policy yang profesional. Selain itu di situs tersebut juga menyediakan pembuatan disclaimer atau terms of service, jadi sudah all in one.

Untuk about dan laman kontak, sepertinya Anda harus membuatnya sendiri. Tidak perlu memakai formulir kontak yang rumit, cukup lampirkan saja alamat email Anda. Kalau ingin terlihat keren, Anda bisa juga membuat contact form, tutornya sudah banyak di Google, tinggal pilih yang mana yang menurut Anda bagus.

2. Buat Artikel Original

Jangan sekali-kali Anda copas atau copy paste artikel orang, karena hasilnya juga akan sia-sia. Reputasi blog akan menjadi buruk, artikel tidak mendapat tempat di mesin pencari, apalagi untuk diterima AdSense, sulit rasanya.

Alternatif jika Anda kesulitan mendapat ide untuk menulis artikel original, mungkin Anda bisa rewrite saja dari beberapa sumber, tapi tetap ditulis dengan gaya bahasa Anda sendiri dan tambahkan opini yang bermanfaat dari Anda. Jadi artikel tersebut akan original dan ada nilai tambahnya ketimbang artikel-artikel yang sudah ada.

Selain original artikel pun harus berkualitas, tidak menjerumuskan, tidak mengandung SARA dan tidak melanggar kebijakan Google AdSense. Paling tidak, ketika pengunjung membaca artikel Anda, mereka mendapatkan sesuatu, entah itu wawasan baru, teknik baru dan sebagainya. Saya rasa Anda sudah mengerti masalah artikel berkualitas ini.

3. Sudah 18 Tahun

Ya, sesuai kebijakan AdSense, Anda harus berumur lebih dari 18 tahun dan memiliki identitas resmi, seperti KTP atau SIM. Soalnya saat ini AdSense akan memverifikasi setiap akun yang telah dapat notifikasi pin.

4. Navigasi Jelas

Salah satu alasan penolakan biasanya karena navigasi sulit. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu membuat navigasi yang jelas agar pengunjung tidak kebingungan mengakses seluruh laman yang ada pada blog Anda.

Solusinya sebenarnya ada di template. Gunakan yang responsive dan ada menu di header, sehingga navigasi Anda sangat terlihat dan pengunjung mudah mencari apapun di web Anda.

Kalau Anda tidak punya template, sebenarnya template bawaan Blogger pun sudah cukup memadai, asalkan Anda setting navigasi dengan jelas saja, buang widget yang tak perlu dan tambahkan widget yang memanjakan pengunjung.

Kesimpulan


  • Sebenarnya untuk diterima Google AdSense itu tidak sulit, yang sulit adalah mengisi saldonya. Untuk itu memang sebaiknya Anda mencari traffic yang bagus dulu baru kemudian Anda coba daftar AdSense. 
  • Pastikan Anda membuat konten berkualitas dan original, jangan sampai terdeteksi plagiat. 
  • Tambahkan laman dasar agar blog Anda terlihat profesional.
  • Gunakan template responsive, cepat dan navigasinya jelas.
  • Terakhir, Anda wajib sudah punya identitas resmi.

OK, mungkin itu saja yang bisa penulis bagikan untuk saat ini, kalau masih ditolak Anda jangan putus asa, banyak jalan menuju Roma!

Baca Juga: Cara Mengatasi Konten Tidak Memadai Google AdSense

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar