5 Tips Memilih Template Blog yang Baik

5 Tips Memilih Template Blog yang Baik
5 Tips Memilih Template Blog yang Baik

Memilih template untuk blog adalah hal yang pada masa awal pembangunan blog harus Anda pikirkan secara matang. Nantinya Anda akan jarang untuk menggonta-ganti template ini, karena kalau terlalu sering berganti, itu kurang bagus secara SEO. Bot mesin pencari akan butuh waktu lagi untuk mengenali struktur template Anda.

5 Tips Memilih Template Blog yang Baik

Namun dalam memilih template ini tidak bisa sembarangan, perlu melihat dari beberapa aspek. Dan desain template ini juga akan mewakili brand Anda ke depan, atau bisa dibilang template adalah pakaian dari sebuah blog, yang mana itu juga merepresentasikan identitas blog Anda.

Setelah tahu pentingnya peranan template bagi blog, kini Anda juga harus mengetahui kriteria apa saja yang harus dimiliki sebuah template yang bagus dan disukai mesin pencari alias SEO Friendly, berikut diantaranya:

1. Responsive

Template yang responsive adalah template yang bisa menyesuaikan ukuran di platform apapun ia tampil, seperti di HP, Tablet atau PC. Kalau dulu, masih banyak template yang tidak responsive, artinya pada saat tayang di PC maupun selular tampilannya sama, tidak menyesuaikan ukuran layar.

Pada zaman sekarang semua pembuat template sudah menyadari betul bahwa template yang responsive itu disukai mesin pencari, oleh sebab itu kalau Anda membeli template atau cari yang gratis, semuanya sudah didukung fitur responsive ini.

2. Ringan

Kenapa harus memilih template ringan, template yang ringan itu pasti loadingnya juga cepat, tidak berat saat dibuka. Kecepatan pada algoritma Google saat ini sangat penting, yang mana kecepatan adalah salah satu faktor penentu rangking blog.

Selain itu yang paling utama adalah dengan memiliki blog yang cepat, tentu ini akan memanjakan pengunjung Anda. Reputasi blog Anda di mata pengunjung juga akan baik, sehingga visitor akan terus bolak-balik ke blog Anda.

Sebelum Anda memilih atau membeli template, pasti Anda dikasih link demo template tersebut. Anda bisa cek kecepatannya, kalau lambat sebaiknya Anda cari template lainnya. Untuk cek kecepatan blog, Anda bisa baca: Cara Cek Kecepatan Blog dan Optimasinya

3. SEO Friendly

Memilih template yang SEO Friendly atau disukai mesin pencari itu tidak mudah, karena memang dunia SEO itu dinamis. Artinya kalau saat ini template tersebut sangat SEO, mungkin saja saat perubahan algoritma mendatang itu tidak SEO lagi.

Tapi paling tidak, Anda bisa mencari template yang mendukung meta description, breadcrumbs, fast loading dan tidak ada kesalahan markup jika diuji dengan alat pengujian data terstruktur Google Search Console.

4. Memiliki Navigasi yang Jelas

Untuk memanjakan pengunjung blog Anda, tentunya navigasi yang jalas ini sangat penting. Karena pada intinya, seluruh halaman yang ada pada blog Anda harus bisa dijelajahi dengan mudah.

Keunggulan lain dengan memiliki sistem navigasi jelas adalah bisa meningkatkan jumlah Page View Anda. Berikut adalah apa-apa saja navigasi yang sebaiknya ada di blog Anda:
  • Artikel Terkait
  • Menu
  • Laman
  • Search Box
  • Dan lainnya sesuai kebutuhan.
Di atas adalah hal dasar yang semestinya ada pada template Anda, namun selebihnya bisa Anda kostumisasi sesuai kebutuhan saja.

5. Support Penempatan Iklan

Nah, ini juga penting apalagi untuk yang sudah punya akun Google AdSense, dimana posisi penempatan iklan itu akan mempengaruhi persentasi CTR (Click Through Rate).

Carilah template yang mendukung untuk memasang iklan di tengah artikel, biasanya di lokasi ini banyak sekali yang klik, karena menjadi pusat perhatian para pembaca. Selain itu, cari juga template yang mendukung penempatan iklan di bagian atas blog, soalnya lokasi ini adalah tempat pertama kali yang dilihat oleh pengunjung blog, terutama jika mereka browsing lewat handphone.

Baca Juga: Pertimbangkan 4 Hal Berikut Sebelum Membuat Blog

Mungkin itu saja beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih template blog. Semoga bermanfaat!

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar