Tools Gratis untuk Riset Kata Kunci

Tools Gratis untuk Riset Kata Kunci
Tools Gratis untuk Riset Kata Kunci

Untuk mendatangkan visitor atau pengunjung pada blog, itu bukan hal yang gampang. Diperlukan usaha dan juga teknik jitu agar blog Anda kebanjiran pengunjung. Salah satu teknik terbaik yang bisa diterapkan adalah dengan riset kata kunci atau keyword.

tools gratis riset keyword

Bagi Anda yang belum mengerti apa itu keyword dan bagaimana menggunkannya, berikut penjelasannya.

Apa itu riset keyword?

Istilah ini sebenarnya umum sekali digunakan oleh para praktisi SEO maupun Blogger pemula, tujuannya adalah menganalisa volume pencarian sebuah kata kunci dan juga melihat tingkat persaingannya.

Dengan memilih kata kunci yang tepat, tentunya artikel yang Anda tulis bisa berada di posisi pertama mesin pencari. Tetapi itu juga harus memperhatikan beberapa aspek lain, seperti hasil penelusuran dan tingkat persaingan kata kunci atau keyword tersebut.

Riset keyword ini dilakukan saat awal ketika Anda akan membuat artikel. Setelah kita mengetahui kata kunci apa yang ingin kita gunakan, maka kita tinggal membuat konten tentang kata kunci tersebut.

Namun pada beberapa kasus, banyak juga praktisi SEO yang melakukan riset keyword ini belakangan. Jadi mereka menulis konten terlebih dahulu, lalu kemudian mereka memasukkan kata kuncinya. Itu sih terserah Anda bagaimana ingin menerapkannya. Tetapi saran penulis untuk pemula sebaiknya lakukan analisa kata kunci ini di awal sebelum membuat artikel.

Jika Anda ingin coba riset keyword ini, berikut adalah beberapa metode dan tools yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Google Keyword Planner

Salah satu metode riset kata kunci secara gratis adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner. Tools ini adalah salah satu fitur gratis pada Google Ads untuk mencari volume pencarian kata kunci, sekaligus melihat tingkat persaingannya.

Pertama Anda bisa masukkan kata kunci yang Anda tuju, kemudian tentukan target negara, dan Anda akan melihat hasil lengkap berapa volume pencarian yang dilakukan pengguna Google dalam sebulan.

Carilah yang volume pencariannya banyak tapi tingkat persaingannya low atau rendah.

Search Result

Selain menggunakan Google Keyword Planner, sebenarnya Anda juga bisa riset kata kunci secara manual menggunakan Google Search Engine yang biasa Anda pakai.

Caranya, ketik kata kunci yang ingin Anda cek, kemudian search. Nah, nanti kelihatan search result atau hasil pencariannya.

Kalau hasil pencarian masih di bawah 300.000, itu tandanya tingkat persaingan masih rendah dan Anda bisa gunakan kata kunci tersebut untuk dimasukkan dalam judul, deskripsi dan isi konten. Kita tidak akan membahas soal teknis penempatan kata kunci tersebut, soal lumayan panjang penjabarannya.

Keyword Everywhere

Tools riset keyword yang satu ini juga praktis dan gratis, walaupun versi yang gratis ada limit pencariannya.

Keyword everywhere adalah addons yang bisa Anda pasang di berbagai browser, gunanya adalah untuk mengetahui volume pencarian. Sebenarnya hasil yang ditampilkan sama seperti Google Keyword Planner, cuma dengan menggunakan addons ini akan lebih praktis. Kita tak perlu login ke Google Ads, cukup dengan mengetik kata kunci di search box, maka hasil penelusuran secara otomatis bisa diketahui.

Ubersuggest

Selain beberapa tools yang telah disebutkan sebelumnya, tools yang satu ini juga lumayan bagus buat urusan riset keyword. Selain itu, pada tools ini juga disertakan berbagai fitur hasil analisa seperti, volume pencarian, cpc dan juga hasil penelusuran 10 besar kata kunci yang di analisa. Jadi kita bisa tahu seberapa berat tingkat persaingan keyword tersebut.

Kalau penasaran, Anda bisa langsung menuju ke situs Ubersuggest.

Baca Juga: Cara Cek Kecepatan Blog dan Upaya Optimasinya

Well, itulah berbagai tools yang bisa Anda gunakan untuk meriset keyword. Kabar baiknya, semua tools yang dibahas di atas free alias gratisan, walaupun bisa ditingkatkan jadi premium. Tetapi untuk pemula Saya rasa cukup menggunakan yang gratis saja. Semoga Bermanfaat!

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar