Memanfaatkan Media Sosial untuk Mendapatkan Traffic

Memanfaatkan Media Sosial untuk Mendapatkan Traffic
Memanfaatkan Media Sosial untuk Mendapatkan Traffic

Untuk mendapatkan visitor blog memang bukan hal yang mudah, itu bisa ditempuh dengan berbagai cara, seperti memasang iklan berbayar, program email list, memaksimalkan potensi mesin pencari ataupun melalui media sosial.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Mendapatkan Traffic

Pada kesempatan kali ini Pecinta.xyz akan membahas mengenai bagaimana cara mencari visitor dengan memanfaatkan media sosial. Yuk, langsung disimak penjabarannya!

Memanfaatkan Media Sosial untuk Menjaring Visitor

Seperti yang kita ketahui bersama, di zaman yang serba canggih ini, siapa yang tidak menggenggam teknologi di tangannya? Ya, rata-rata setiap individu kini memiliki smartphone, bahkan anak kecil sekalipun sudah dibekali orang tuanya barang canggih ini. Dengan kecanggihan teknologi ini sebenarnya bisa menjadi peluang emas bagi para Blogger untuk mendapat keuntungan, yaitu dengan cara mempromosikan konten mereka ke media sosial. Pastinya setiap smartphone yang kita miliki, itu ada akun media sosialnya, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan lain sebagainya.

OK, mari kita perjelas satu persatu bagaimana memaksimalkan potensi media sosial ini!

Facebook

Facebook adalah salah satu platform media sosial yang sangat powerful untuk menyebarkan artikel Anda. Pengguna FB di seluruh dunia sudah banyak sekali, belum lagi akun keduanya. Jadi sudah seharusnya Anda memanfaatkan media sosial yang satu ini untuk memaksimalkan jumlah visitor yang dapat Anda jaring.

Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mendapat pengunjung dari FB, salah satunya adalah dengan share artikel Anda di grup yang relevan dengan apa yang Anda tulis, soalnya jika tidak relevan artikel Anda tidak akan ada yang buka, karena bukan minatnya. Sekalipun ada jumlahnya sangat sedikit, jadi pekerjaan sia-sia bukan? Oleh karena itu Anda harus bergabung dengan grup yang terkait dengan konten yang Anda tulis.

Misalnya, kalau Anda menulis tentang resep, rasanya akan salah kalau Anda bagikan artikel tersebut di grup politik. Walaupun ada saja yang buka, tapi bukan itu sasaran utamanya.

Selain membagikan lewat grup, Anda juga bisa membuat fanspage. Kalau FP Anda sudah banyak yang like, itu bisa jadi keberuntungan untuk Anda, karena setiap kali Anda menerbitkan artikel, Anda bisa langsung share ke FP, dan Boom!! Lihat apa yang terjadi di analitcs Anda! Visitor akan membludak!

So, jangan sia-siakan peluang emas ini dengan memanfaatkan Facebook sebagai sarana berbagi Anda.

Twitter

Media sosial yang satu ini juga tak kalah hebatnya. Bisa dibilang platform yang satu ini sebelas dua belas penggunanya dengan Facebook. Bahkan keduanya bisa saling dikaitkan, seperti kalau Anda update di Twitter, maka di FB akan update juga.

Cara memanfaatkan twitter untuk mencari traffic blog adalah dengan sering share setelah publish post baru. Anda bisa memanfaatkan fitur hashtag (#) tentang apa yang Anda bagikan. Misalnya saja Anda menulis tentang "Cara Menurunkan Berat Badan," Anda bisa gunakan hashtag #diet #langsing #caramenurunkanberatbadan dan lainnya. Hashtag tersebut ada-ada saja pencarinya, terutama netizen yang sedang menjalankan diet.

Apalagi kalau konten yang Anda tulis sedang menjadi viral atau trending topik, dengan memanfaatkan hashtag tersebut, efeknya akan berlipat-lipat ganda. Coba buktikan sendiri!

Google Plus

Layanan media sosial milik Google yang satu ini jangan sampai Anda lupakan untuk mencari traffic. Walaupun pengguna aktifnya tidak sebanyak FB atau Twitter, tapi masih banyak juga yang nge-group di jejaring ini.

Baca Juga: Pertimbangkan 4 Hal Berikut Sebelum Membuat Blog

Kesimpulannya sebenarnya sederhana, sebarlah artikel Anda yang bermanfaat kemanapun juga, itu sama saja Anda menyebar kebaikan. Selain itu, Anda juga akan dapat pengunjung dari beberapa platform tersebut yang mengarah ke blog Anda. Selamat Mencoba!

Baca Juga: Settingan Awal Pada Saat Memulai Blog

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar