Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow

Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow
Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow

Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow - Mungkin masih banyak diantara para Blogger yang masih bingung mengenai perbedaan antara "nofollow" dan "dofollow." Bagi yang blogging hanya asal menulis dan tak memperdalam ilmu SEO, mungkin hal ini tidak Anda perlukan, tetapi sebaiknya seiring waktu Anda mesti pahami perbedaan kedua attribute tersebut.


Nofollow merujuk pada link baik internal (di dalam) atau eksternal (ke luar), yang tidak diperhitungkan atau tidak memiliki nilai untuk mendongkrak rangking, namun tetap terindeks. Sedangkan Dofollow adalah kebalikan dari attribut Nofollow, yaitu memiliki nilai yang bisa menaikkan ranking sebuah artikel di mata mesin pencari. Makanya banyak orang berlomba-lomba mencari tautan balik (backlink) yang beratribut dofollow.

Pada era 2010-an, marak sekali perburuan tautan balik ini pada kolom komentar, apalagi yang kolom komentarnya tidak dimoderasi, mereka akan seenaknya meninggalkan komen dan menaruh link mereka, bahkan komen yang tidak relevan sekalipun. Nah, semenjak itu banyak para Blogger dan pembuat template yang mendesain template dengan kolom komentar yang nofollow, artinya setiap link yang diletakkan pada kolom komentar, tidak memiliki nilai untuk menaikkan pageRank.

Tetapi sebagian pakar blogger, masih mengganggap bahwa link nofollow ini tetap ada nilainya walaupun sedikit, makanya masih saja banyak yang membombardir kolom komentar dengan link yang bersifat spamming.

Untuk masalah link dofollow atau nofollow ini menurut penulis pribadi tetap ada nilai untuk keduanya, karena menurut beberapa rujukan yang Saya pelajari, pada banyak halaman pertama Google itu diisi oleh konten yang mempunyai backlink dengan komposisi antara 80:20 dofollow dan nofollow, jadi tetap ada link nofollow-nya. Dan alaminya seumpama kita tidak melakukan proses link building, link nofollow juga akan tetap ada saja.

Cara Cek Link Dofollow atau Nofollow

Mungkin penjabaran di atas sudah cukup jelas mengenai perbedaan link nofollow dan dofollow serta apa dampaknya terhadap konten. Sekarang kita akan belajar bagaimana cara cek link yang tertanam apakah nofollow atau dofollow.

Ada beberapa cara cek link dofollow dan nofollow, seperti:
  • Melalui fitur inspect element
  • Menggunakan addons
Melalui inspect element, Anda bisa lihat link tersebut, jika formatnya seperti "<a href="https://www.pecinta.xyz" rel="nofollow">Pecinta.xyz</a>, itu berarti link tersebut nofollow.

Kalau formatnya seperti, "<a href="https://www.pecinta.xyz">Pecinta.xyz</a>," berarti bisa dipastikan bahwa link tersebut adalah dofollow.

Jika Anda menggunakan addons lebih mudah lagi, Anda bisa menggunakan MozBar. Disitu sangat mudah sekali, Anda cukup aktifkan addons, jika link berwarna biru telur asin itu berarti dofollow, namun kalau berwarna unggu jingga, itu tandanya link aktif tersebut beratribut nofollow.

Cara Membuat Link Nofollow dan Dofollow

Sekarang Anda sudah mengerti bagaimana cara cek link do atau nofollow, sekarang tinggal bagaimana mengimplementasikan kedua jenis link tersebut pada blog Anda.

Untuk Blogger, sebenarnya sangat mudah untuk membuat link menjadi nofollow atau dofollow. Anda tinggal checklist box nofollow seperti pada gambar di bawah ini. Jika Anda tidak checklist kolom tersebut, otomatis link yang Anda buat beratribut dofollow. Mudah bukan!

perbedaan link nofollow dan dofollow

Untuk pengguna lain, atau jika Anda mau menanam link di luar blog, Anda bisa gunakan kode seperti:

Nofollow:
<a href="https://www.pecinta.xyz" rel="nofollow">Pecinta.xyz</a>

Dofollow:
<a href="https://www.pecinta.xyz">Pecinta.xyz</a>

Ganti pecinta.xyz dengan nama blog Anda.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua halaman blog lain menggunakan link dofollow, seperti contoh kolom komentar, walaupun Anda sudah mengetik link dofollow, tetap saja hasil yang terbit akan nofollow, karena sudah di setting oleh sang webmaster bahwa kolom komentar nofollow.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Deskripsi pada Blogger

Itulah sedikit penjelasan tentang link nofollow dan dofollow. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang dunia blogging.

Baca Juga: Cara Cek DA dan PA Blog

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar