Cara Cek Kecepatan Blog dan Upaya Optimasinya

Cara Cek Kecepatan Blog dan Upaya Optimasinya
Cara Cek Kecepatan Blog dan Upaya Optimasinya

cara cek kecepatan blog dan optimasinya

Kecepatan loading sebuah situs web atau blog pada era sekarang sangat penting artinya. Dimana dengan memiliki loading yang cepat, itu akan memberikan pengalaman yang baik untuk pengguna atau pengunjung Anda.

Selain akan memanjakan visitor Anda, saat ini kecepatan menjadi salah satu faktor yang bisa mendongkrak rangking blog Anda di mesin pencari. Jadi kecepatan amatlah penting untuk jadi perhatian Anda sekarang. Hal ini juga masih berkaitan dengan SEO on-page.

Penyebab Blog Berjalan Lambat

Ada beberapa penyebab umum yang biasa ditemui yang menyebabkan loading blog berjalan lemot atau lambat. Berikut diantaranya:

  • Terlalu banyak gambar beresolusi tinggi
  • Hosting yang tidak mumpuni (Khusus Wordpress)
  • Terlalu banyak eksternal JavaScript
  • Kebanyakan Widget yang tak diperlukan

Pertama-tama Anda harus pahami dulu apa saja yang ada dalam blog Anda seperti hal di atas. Setelah mengetahui apa saja yang ada di blog, Anda bisa mendiagnosa lebih lanjut apa penyebab lambatnya blog Anda untuk selanjutnya ditindak lanjuti.

Cara Cek Kecepatan Blog

Untuk pemeriksaan lebih lanjut mengenai masalah kecepatan blog Anda, Anda bisa menggunakan beberapa tools berbayar maupun gratisan. Berikut adalah beberapa situs yang bisa Anda akses untuk memeriksa kecepatan blog Anda, diantaranya:

1. PageSpeed Insight

Tools ini memang secara khusus disediakan oleh Google untuk mengecek kecepatan blog Anda. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan URL blog Anda, kemudian tools ini akan menganalisa kecepatan di blog Anda, sekaligus apa-apa saja yang mengurangi faktor kecepatan di blog Anda.

Parameter yang baik untuk pengujian ini adalah kalau mencapai skor di atas 80, untuk versi seluler maupun desktop. Jika blog Anda skornya masih di bawah angka tersebut, PageSpeed Insight sudah menyediakan solusi apa saja yang perlu diperbaiki.

Kalau Anda ingin coba, silahkan langsung menuju PageSpeed Insight.

2. GT Metrix

Tools yang satu ini dikenal powerful dan banyak menjadi acuan para Blogger Pro dalam mengukur kecepatan suatu website. Sama seperti PageSpeed Insight, GT Metrix pun menyajikan beragam solusi untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog Anda. Selain itu, cara penggunaannya pun hampir sama dengan PageSpeed Insight, cukup masukkan URL dan tunggu hasil analisanya.

Kalau Anda menguji kecepatan di tools ini, parameter yang baik adalah memiliki nilai A keduanya, tapi yang paling utama perlu Anda perhatikan adalah Page load time-nya, dimana semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, maka tentu saja hal itu semakin baik.

Satu hal yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah masalah hasil page load time di GT Metrix ini, kalau blog Anda memiliki kecepatan di atas 3 detik, jangan kecewa dulu. Karena kalau Anda menggunakan server lokal, wajar saja, tempat pengujian GT Metrix adalah di Vancouver, Kanada. Kecuali jika Anda menggunakan server US.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Template Blog yang Baik

Upaya Optimasi yang Bisa Dilakukan

Setelah Anda tahu berapa skor kecepatan loading blog Anda, ada beberapa upaya sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog Anda, seperti:

  • Membuang widget yang tak diperlukan
  • Mengurangi fungsi external JavaScript yang tidak diperlukan
  • Penyederhanaan CSS
  • Kompres gambar-gambar yang beresolusi tinggi

Kalau Anda sudah menerapkan beberapa cara untuk optimasi kecepatan di atas, coba Anda cek ulang hasilnya di alat penguji yang telah disebutkan di atas. Jika belum ada perubahan, berarti masih ada faktor yang belum Anda maksimalkan atau terlewatkan. Biasanya sih kalau Anda sudah melakukan upaya di atas, skor kecepatan Anda akan membaik, walaupun sedikit.

Baca Juga: 3 Cara Cek DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar