Settingan Awal Pada Saat Memulai Blog

Settingan Awal Pada Saat Memulai Blog
Settingan Awal Pada Saat Memulai Blog

Settingan Awal Pada Saat Memulai Blog - Dalam membangun blog baru, itu dibutuhkan tahapan-tahapan agar selanjutnya Anda enak untuk menjalankannya. Tentunya dengan settingan yang tepat, blog pun akan mudah berkembang dan disenangi mesin pencari (SEO Friendly).

settingan awal blog

Lalu langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk settingan awal pada Blogger? Mari kita simak ulasan selengkapnya!

1. Memilih Nama Blog

Pertama saat Anda membuat blog baru, pasti Anda akan ditawari pemilihan nama domain dan juga judul blog. Disini usahakan Anda memilih nama domain dan judul yang tak jauh berbeda.

Misalnya: Judul blog "Aku Anak Sehat." Sebaiknya nama domainnya "akuanaksehat.blogspot.com." Jika sudah terpakai, Anda bisa gunakan alternatif seperti "aku-anaksehat.blogspot.com."

Dari contoh di atas sudah jelas menunjukkan bahwa judul blog dan nama domainnya tidak jauh berbeda.

2. Tag Line pada Blog

Pada tahapan selanjutnya, Anda bisa memilih tagline untuk blog Anda. Ini bertujuan agar blog terlihat profesional dan punya brand yang kuat. Perhatikan saja web-web besar, mereka selalu menggunakan tag line, kita tinggal ikuti saja jejak web-web tersebut. So, easy!

Tagline ini kalau di Blogger terdapat di: Setelan. Dasar, Deskripsi. Anda bisa mengubah sesuai selera, yang penting masih berhubungan dengan judul blog.

3. Meta Description

Tahap selanjutnya adalah menulis deskripsi untuk blog Anda, agar nantinya deskripsi tersebut dapat digunakan oleh mesin pencari untuk ditampilkan pada beranda mereka. Menurut Blogger, deskripsi ini tidak lebih dari 150 karakter termasuk spasi dan titik koma atau tanda baca lainnya.

Berhati-hatilah dalam menulis deskripsi ini, karena deskripsi itu menggambarkan keseluruhan blog Anda. Nantinya salah satu faktor perangking adalah deskripsi ini, karena menentukan relevansi sebuah kata kunci.

Usahakan menulis deskripsi dengan kata kunci utama blog Anda di dalamnya. Contohnya blog Anda membahas tentang merawat kucing. Anda bsa tulis "Blog yang membahas seputar merawat kucing..." Anda bisa teruskan sendiri sesuai keinginan.

Lebih lanjut, Anda bisa baca: Cara Mengaktifkan Deskripsi pada Blogger

4. Robot Txt

Untuk yang satu ini sebenarnya penting, cuma kalau Anda belum terlalu mengerti, sebaiknya tak usah digunakan atau nonaktifkan saja. Tapi kalau Anda masih mau menggunakan setting robot.txt, sudah banyak artikel yang membahasnya di Google.

5. Setting Moderasi Komentar

Tahap selanjutnya, untuk menghindari komentar tak jelas atau yang tak diinginkan masuk, Anda bisa memoderasinya terlebih dahulu. Ini penting, karena biasanya kalau tidak dimoderasi, akan banyak masuk komentar spam yang merugikan blog Anda. Karena link tersebut bisa saja mengarah ke situs yang dilarang Google, malah merugikan Anda bukan?

Untuk tahap keamanan, Anda bisa aktifkan fitur captcha atau verifikasi kata. Ini bertujuan menghidari komentar bot yang akan masuk. Biasanya para spammer akan menggunakan tools khusus untuk berkomentar di artikel Anda, kemudian meninggalkan link yang mengarah ke website mereka. Hal ini tidak disukai Google, oleh karenanya moderasi setiap komentar yang masuk dan gunakan fitur captcha demi keamanan.

6. Bahasa dan Pemformatan

Untuk yang satu ini, Anda bisa set sesuai bahasa pada blog yang Anda jalankan. Sepertinya ini sudah cukup jelas, cuma memang perlu disetting dari awal.

7. Feed Situs

Feed itu berguna sebagai pemberitahuan bahwa blog Anda ada pembaharuan, namun di sisi lain, hal ini bisa menjadi kerugian. Ada beberapa pihak-pihak tak bertanggung jawab akan mengcopy seluruh artikel Anda dari A sampai Z jika feed Anda full atau terbuka. Oleh karena itu, settingan feed sebaiknya dibuat singkat.

Baca Juga: Pertimbangkan 4 Hal Berikut Sebelum Membuat Blog

Sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang Anda perlu perhatikan, namun untuk awal settingan ini sudah cukup untuk menjalankan blog Anda. Semoga bermanfaat!

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar