Cara Penulisan Artikel Berkualitas dan SEO Friendly

Cara Penulisan Artikel Berkualitas dan SEO Friendly
Cara Penulisan Artikel Berkualitas dan SEO Friendly

Dalam penulisan artikel yang berkualitas, itu sebenarnya tidak memerlukan keahlian mumpuni. Paling tidak, disebut artikel berkualitas karena kontennya padat, kaya, bermanfaat dan bisa memberikan solusi bagi pembaca.

Cara Penulisan Artikel Berkualitas dan SEO Friendly

Dengan memiliki artikel yang berkualitas, lambat laun mesin pencari juga akan menempatkan blog kita di tempat yang terbaik, yaitu halaman pertama. Dengan begitu, otomatis pengunjung akan mulai berdatangan dan blog kita akan dikenal, dalam jangka panjang itu bisa jadi bisnis yang menggiurkan karena bisa mendatangkan pundi-pundi uang.

Tetapi sebelum Anda berpikir hal yang terlalu jauh, ada baiknya pikirkan langkah demi langkah awal terlebih dahulu. Dimulai dengan membuat artikel yang berkualitas dan disukai mesin pencari alias SEO Friendly.

Pada bahasan kali ini, Pecinta.xyz akan mengulas tentang bagaimana caranya membuat artikel berkualitas dan yang pasti SEO Friendly, simak ya!

Buat Konten yang Padat

Maksudnya membuat konten yang padat adalah isi artikel tersebut kaya akan informasi dan media pendukung, tujuannya agar memanjakan pembaca dengan dukungan gambar, video ataupun infografis.

Selain itu, isi artikel harus relevan dengan judul. Artinya, judul konten mewakili keseluruhan isi artikel. Masalah panjang kata sebenarnya tidak terlalu penting. Namun para pakar SEO menyarankan dalam membuat artikel itu minimal mengandung 300 kata atau lebih. Kalau Saya pribadi berpendapat, jika artikel Anda memang konteks pembahasannya tipis, tidak perlu membuat artikel yang terlalu panjang. Karena kalau kepanjangan dijamin, isinya sebagian besar basa-basi. Kecuali memang materi pembahasannya mendalam.

Gunakan Kata Kunci Sewajarnya

Kalau diperhatikan, di tahun ini masih saja banyak artikel yang menggunakan keyword atau kata kunci secara berlebihan. Padahal Google sendiri tidak suka dengan konten yang seperti itu. Akibat dari terlalu banyak mengulang keyword, artikel Anda akan susah mendapat tempat di halaman pertama mesin pencarian.

Gunakanlah kata kunci sewajarnya, sebagai patokan adalah kata kunci tersebut harus terlihat natural dan enak dibaca.

Gunakan Heading Tag

Dalam menggunakan heading tag sebenarnya tidak hanya berdampak baik bagi SEO, tapi juga membuat pembaca menjadi lebih paham tentang bagian konteks apa yang sedang dibahas. Yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana membuat tulisan Anda dipahami pembaca kalau menggunakan heading tag, bukan untuk tujuan SEO, walaupun akan berdampak baik bagi SEO. Percayalah, mesin pencari seperti Google sudah canggih menentukan mana tulisan yang ditujukan untuk manusia dan robot.

Tidak Mengandung Konten yang Melanggar Kebijakan

Sepertinya poin ini sudah cukup jelas, sebaiknya Anda hindari menggunakan kata-kata yang kasar, menyinggung dan lain sebagainya. Kalau terpaksa menggunakan kata-kata tersebut, maka perhaluslah. Soalnya ada beberapa kata-kata sensitif yang kalau digunakan itu bisa berdampak buruk bagi artikel Anda. Apalagi kalau Anda sudah tergabung bersama Google AdSense, akan ada aturan ketat mengenai hal ini.

Selain kata-kata terlarang, Anda juga sebaiknya tidak membuat konten yang melanggar hukum, karena sekarang di Indonesia sendiri sudah ada UU ITE.

Buat Judul dan Deskripsi Menarik

Yang dimaksud menarik disini bukanlah yang terlalu clickbait. Karena judul yang terlalu berlebihan itu tidak disenangi oleh mesin pencari. Buatlah judul yang relevan dengan isi artikel, namun tetap mengandung unsur promosi dan mengundang minat pembaca untuk membuka artikel Anda.

Selain itu, menulis deskripsi yang informatif pun diperlukan untuk memberitahu pembaca tentang apa isi konten yang Anda buat. Dengan begitu, pengunjung tidak akan salah mencari artikel di mesin pencari. Untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan deskripsi pada blog, Anda bisa baca di tautan tersebut.

Artikel Terkait: Tips Mendapatkan Ide Menulis Artikel untuk Blog

Itulah sekilas pembahasan tentang bagaimana caranya membuat artikel yang berkualitas dan SEO Friendly, alias disenangi mesin pencari. Selamat Mencoba!

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar