Cara Mengaktifkan Deskripsi pada Blogger

Cara Mengaktifkan Deskripsi pada Blogger
Cara Mengaktifkan Deskripsi pada Blogger

Meta description adalah sebuah fitur yang ada pada Blogger yang bisa diaktifkan maupun tidak. Jika tidak diaktifkan, maka search engine akan mengambil beberapa kata diawal untuk menjadi deskripsi mereka.

cara mengaktifkan deskripsi pada blog

Lalu timbul pertanyaan, seberapa penting deskripsi untuk blog? Apakah dapat mempengaruhi SEO (Search Engine Optimization)? Apakah seharusnya Saya mengaktifkan fitur tersebut? Kalau ya, bagaimana cara mengaktifkannya?

OK, kita akan perjelas masalah ini satu per satu!

Pentingnya Deskripsi Pada Blog

Deskripsi adalah uraian singkat tentang keseluruhan isi konten artikel kita. Isi deskripsi pada dasarnya bebas, cuma sebaik-baiknya deskripsi adalah rangkaian kata atau kalimat yang menggambarkan keseluruhan isi artikel. Nantinya deskripsi singkat ini akan terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Yandex, Yahoo atau Bing.

Terkadang acuan pengunjung jika mencari artikel di mesin pencari adalah membaca deskripsi singkat ini. Jika mereka tertarik, maka mereka tak ragu untuk klik ke artikel tersebut. Selain deskripsi yang pertama kali dilihat adalah judul. Benang merahnya adalah kedua hal ini (judul dan deskripsi) tidak dapat dipisahkan. Dimana judul yang menarik juga harus punya deskripsi yang bagus.

Kalau berbicara penting atau tidaknya deskripsi, dari persoalan di atas juga kita sudah bisa mengambil kesimpulan. Pengunjung akan tertarik dengan judul dan deskripsi di mesin pencari. Jadi kalau ada pertanyaan sebera penting deskripsi pada blog, jawabannya adalah penting.

Namun tak bisa dipungkiri, perkembangan algoritma Google telah berubah dari waktu ke waktu, termasuk dalam hal penerapan deskripsi ini. Sekarang, apapun yang tertulis pada konten Anda selama itu terindeks, akan menjadi deskripsi juga. Ini bertujuan agar pengunjung mendapatkan hasil pencarian yang relevan dengan yang mereka mau. Tetapi tetap saja, deskripsi masih penting dan tak bisa disepelekan.

Apakah Mempengaruhi SEO?

Banyak master SEO dunia menganjurkan untuk membuat deskripsi ini sebaik mungkin. Beberapa plugin SEO besar seperti Yoast pun menyarankan untuk mengisi kolom deskripsi ini. Paling tidak mengandung kata kunci yang Anda bidik, kalau kebanyakan itu juga tidak bagus di mata search engine.

So, jawaban untuk pertanyaan apakah deskripsi penting untuk SEO, jawabannya adalah "YA" penting!

Cara Mengaktifkan Deskripsi pada Blogger

Deskripsi ini memang tidak otomatis aktif kalau kita tidak setting terlebih dahulu. Kalau kita biarkan mengikuti aslinya, deskripsi ini akan menampilkan kata-kata di awal artikel atau konten Anda. Namun kalu Anda sudah aktifkan deskripsi ini, Anda bisa atur sendiri kata-kata apa yang mau Anda buat.

Langsung saja, untuk mengaktifkan deskripsi, Anda buka Dashboard Blogger, lalu pilih Setelan, kemudian masuk ke preferensi penelusuran, Tag Meta aktifkan.

Pertama-tama Anda harus mengisi deskripsi untuk keseluruhan blog Anda. Misalnya: "Blog ini adalah blog yang membahas seputar dunia blogging dan internet marketing.." Anda bebas menentukan deskripsi tersebut, asalkan jangan lebih dari 150 karakter. Setelah Anda buat, lalu Simpan.

Nantinya, deskripsi ini akan muncul di bawah Homepage atau beranda penelusuran mesin pencari. Nah, setelah kita aktifkan fitur deskripsi ini di setting, selanjutnya setiap Anda membuat post atau halaman baru akan muncul kolom deskripsi. Selanjutnya Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan deskripsi masing-masing artikel. Tetapi aturannya masih tetap sama, jangan melebihi 150 sampai 154 karakter (termasuk tanda baca dan spasi). Kalau lebih biasanya akan kepotong tulisannya di search engine.

Sedikit tips saja dari penulis, untuk membuat deskripsi yang SEO Friendly, Anda bisa memasukkan satu kata kunci ke dalam deskripsi ini, selain itu buatlah bahasa singkat yang membuat pengunjung penasaran ingin klik artikel Anda, tetapi tetap mewakili keseluruhan isi artikel. Semoga bermanfaat!

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar