Tips Mendapatkan Ide Menulis Artikel untuk Blog

Tips Mendapatkan Ide Menulis Artikel untuk Blog
Tips Mendapatkan Ide Menulis Artikel untuk Blog

Membuat sesuatu yang baru itu bisa dibilang mudah, yang sulit adalah bagaimana sesuatu itu bisa konsisten dan berkembang, itu Pekerjaan Rumahnya! Analogi tersebut sama seperti kita blogging, awalnya semangat membara, lama-kelamaan lesu karena melihat blog tak kunjung berkembang.

Tips Mendapatkan Ide Menulis Artikel untuk Blog

Faktor yang membuat blog tak berkembang salah satunya adalah konten yang tidak update, maksudnya blog jarang menerbitkan sesuatu yang baru, entah itu komentar masuk, pembaharuan halaman ataupun penerbitan artikel baru.

Kenapa kalau blog tidak diupdate bisa membuat blog tersebut mandek, itu karena mesin pencari seperti Google suka dengan sesuatu yang unik dan segar. Dengan mempublish artikel baru, tentunya Anda seperti memberi makan mesin pencari dengan konten yang unik dan segar. Efeknya, blog Anda akan dicintai mesin pencari. Lambat laun, apapun yang Anda tulis akan gampang mejeng di halaman pertama mesin pencari raksasa tersebut.

Anda sebenarnya sudah niat untuk rutin update blog tiap hari, namun entah kenapa setiap di depan komputer tangan dan otak Anda kaku, seperti bingung mau ngapain lagi! Sepertinya hal tersebut terjadi karena memang Anda kehabisan ide.

Ide menulis itu sebenarnya bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Tidak melulu ketika Anda berhadapan dengan komputer, bisa saja Anda menulis menggunakan HP ketika menunggu anak pulang sekolah, atau menunggu istri belanja di pasar. Pokoknya banyak momen yang bisa membuat Anda kreatif.

Kalau Anda memang benar-benar buntu soal ide, mungkin beberapa tips di bawah ini dapat menolong Anda menemukan ide segar!

1. Bawa Smartphone Kemanapun Anda Pergi

Gunanya membawa smartphone ini adalah untuk menulis, jadi setiap kali ada ide yang masuk ke kepala Anda, sesegera mungkin Anda ketik di Smartphone Anda, apapun ide itu. Mau itu hanya ide pokoknya ataupun kerangka-kerangkanya, catat saja.

Kalau waktu Anda sudah santai, Anda bisa buka-buka lagi catatan di Smartphone Anda, dan seketika itu pula ide Anda kembali terkoneksi lagi. So, setelah itu Anda jadi tahu harus menulis apa dan bagaimana mengembangkannya.

2. Membaca Apapun

Membaca itu sangat banyak gunanya, salah satunya adalah bisa memberikan ide dalam menulis. Anda bisa membaca koran, buku-buku lama, majalah dan lainnya. Intinya, apapun yang bisa Anda baca, maka bacalah. Dengan begitu, Anda akan mudah untuk mendapat inspirasi baru.

3. Menghirup Udara Segar

Memang kalau otak dipaksa terus berpikir dan mencari sesuatu yang baru itu juga salah. Biar bagaimanapun, otak Anda adalah aset yang harus dijaga.

Untuk memunculkan ide segar kembali, cobalah Anda jalan-jalan keluar cari udara segar. Biasanya, suasana di luar ruangan itu dapat memberikan ide baru yang cemerlang, karena tubuh dan otak kita akan rileks, sehingga kerja otak akan maksimal.

4. Buka Media Sosial

Kalau Anda menggunakan media sosial hanya untuk update status dan chatting, tak ada salahnya kali ini Anda manfaatkan medsos ini untuk mencari apa yang sedang hangat dibicarakan.

Biasanya yang sedang booming atau viral, itu artikelnya akan banyak dicari orang. Tapi itu tidak berlangsung lama, setelah beritanya tenggelam, konten Anda tidak lagi ramai.

Tapi untuk membuat blog Anda tetap hidup, artikel-artikel musiman ini juga dibutuhkan. So, gak ada salahnya sesekali Anda menulis berita viral.

5. Buka Google Trends

Google trends adalah sebuah wadah yang dikhususkan untuk melihat kata kunci atau berita apa saja yang sedang trend saat ini. Selain itu, media ini juga bisa digunakan untuk mencari ide bahan penulisan Anda.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Deskripsi pada Blog

Mudah-mudahan beberapa tips ide menulis di atas dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi baru yang segar. Happy Blogging!

Get the latest articles from Suara Pecinta.

Tidak ada komentar